Maksud dari cara menatap seseorang

Dalam berbicara dengan orang lain tentu kita tidak lepas dari sebuah tatapan atau saling menatap. Itu menunjukkan bahwa kita ada di dalam percakapan itu dan salah satu cara menghargai lawan bicara. Namun dibalik sebuah tatapan ternyata juga memiliki maksudnya tersendiri. Cara menatap bisa menunjukkan satu maksud tertentu, seperti kode tentang apa yang dirasakan atau sedang ingin ditularkan auranya kepada lawan bicara.
Dan dibawah ini sudah dirangkum beberapa jenis cara menatap dan analisa mengenai apa yang menjadi maksud dari tatapan tersebut. Tapi sebelumnya masih berkaitan dengan menatap, jika anda gemar menatap televisi baiknya harus tahu jika penonton televisi juga ada kategorinya


Kembali pada poin di artikel ini, mari kita cek sama-sama deskripsi cara menatap dengan maksud-maksudnya.

Menatap ngemis
Maksudnya adalah dalam cara menatap yang dilemparkan lawan bicara kita ini membuat hati kita sedikit atau benar-benar tergugah. Karena caranya menatap kerap dibumbuhi kerlipan air mata yang berkaca-kaca. Biasa ini mengandung maksud jika sang lawan bicara kita hendak meminta kita melakukan sesuatu atau memberikannya sesuatu. Dan teknik ini seperti teknik andalan para emak-emak di awal tanggal muda ketika sang suami baru gajian, "pa, mama boleh beli tas baru ya?" lalu tatapannya berubah seketika dengan memelasnya.

Menatap predator
Hati-hati jika bertemu dengan orang yang sangat jatuh cinta dengan anda. Itu mungkin jadi satu kebanggaan tersendiri jika tanpa melakukan apapun saja sudah membuat orang menyukai kita. Namun kadangkala yang ada di dalam pikiran lawan bicara kita tersebut langsung tercetus imajinasi-imajinasi liar tak ter-arah. Yup, menatap predator identik dengan tatapan yang dipenuhi dengan nafsu birahi. Saran penulis kalau anda menghadapi tatapan ini, siapkan ujung pena segera dan colok langsung matanya! (just kidding).

Menatap Mual
Kita akan merasa terintimidasi dan hina sekali jika satu cara menatap ini dilemparkan kepada kita. Istilah lain dari cara menatap ini adalah menatap jijik dimana menjelaskan bahwa ada ketidak-sukaan dari orang tersebut sehingga menimbulkan tatapan yang berbeda terhadap kita. Lebih gampangnya, caranya menatapnya itu seolah mengeluarkan kata 'jijik' secara tersurat sehingga memandang aneh terhadap kita. Baiknya ya kalau emang udah jijik, anda bikin muntah-muntah saja sekalian. hehe

Menatap on the spot
Untuk kategori satu ini mengidentifikasikan bahwa anda begitu spesial hingga tatapan mereka begitu mendalam kepada anda karena keberhasilan anda dalam menarik tatapan mereka itu. Menatap on the spot ini membuat orang yang sedang menatap seolah ingin sekali berfokus pada salah satu spot di wajah anda. Entah anda menggunakan lipstik super indah. Atau alis mata anda yang begitu menawan. Namun hati-hati juga, jangan terlalu cepat merasa ge-er dengan tatapan ini. Karena kadang-kadang juga ini menjelaskan kepada anda jika ada sesuatu yang salah dari wajah anda. Dan ketika itu terjadi, cara menatap on the spot ini akan berkolaborasi dengan cara menatap mual.

Menatap 'apa sih?'
Nah, kalau yang ini cara menatap balik sebagai bentuk respon dari cara lawan bicara yang menatap kita secara on the spot. "Apa sih?" biasanya ungkapan itu yang langsung keluar dari mulut ketika membalas cara menatap on the spot.

Menatap hampa
Ini istilah lain dari menatap melamun. Entah mungkin lagi terbeban berat atau hanya karena kurang minum air mineral membuat seseorang yang sedang menatap kita ini mengeluarkan bentuk tatapan yang hampa. Tatapannya tidak mengandung maksud apapun kecuali kekosongan yang belum terisi (para jomblo jangan langsung baper dengan kata-kata ini ya.hehe).

Menatap Sesal
Jika sudah terlanjur berbuat salah, biasanya kita akan menatap orang secara berbeda. Atau juga orang yang berbuat salah kepada kita akan menatap kita dengan caranya yang khusus. Bentuk tatapannya terasa dalam sekali dan seperti bisa tertangkap dengan mudah jika ada rasa sesal yang hendak ditunjukkan dari tatapannya.

Menatap tanya
Ini sedikit mirip dengan cara menatap 'apa sih?' karena sama-sama ada keheranan dari apa yang kita lihat dan rasakan. Tapi pada jenis cara menatap satu ini lebih kepada hal-hal umum seperti ketika melihat ada orang yang tiba-tiba jualan cilok bakar persis didepan mesin pom bensin atau melihat mas-mas salon yang dalam dua menit saja bisa berubah jadi mbak-mbak salon. Nah, sudah pasti cara kita menatapnya pun akan berubah dan menjadi satu cara tersendiri yang memberi maksud bahwa kita sedang mempertanyakan sesuatu.

Menatap Mulia
Cara menatap satu ini adalah cara menatap yang selalu berhasil ditunjukkan bagi seseorang yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Dengan cara menatapnya, mereka memancarkan rasa nyaman, bahagia, dan penuh aura positif sehingga memunculkan semangat baru untuk melakukan yang lebih baik. Biasanya juga cara menatap ini dimiliki oleh seorang motivator (boleh juga oleh banyak orang motivator) <--  apa sih? haha

Menatap Optimis
Pernah melihat bagaimana para atlit yang sedang berlaga dalam pertandingan antar negara. Itulah jenis cara menatap yang bisa menjelaskan secara utuh maksud dari istilah menatap optimis ini. Menatap optimis berarti mengeluarkan pancaran optimis setiap kali kita berbincang dengan orang-orang seperti ini. Khususnya para pejuang-pejuang pengharum nama bangsa.

Menatap unjuk gigi
Kalau ini menatap dengan tujuan mau unjuk gigi. Bukan menatap lalu nunjuk-nunjuk gigi sendiri. Tapi ini istilah dimana orang yang menggunakan cara menatap ini biasanya bermaksud untuk memamerkan sesuatu. Apalagi kalau bukan pamer kacamata terbarunya atau lensa mata super keren dengan warna ala bule miliknya.

Menatap Fans
Cara menatap ini berlaku sekali bagi orang-orang yang terlanjur mengidolakan sesuatu. Cara menatap ini kadang bisa menggabungkan banyak jenis lainnya dari cara menatap lainnya. karena mereka yang menatap dengan cara ini kadang juga suka bengong tanpa kejelasan dan lain sebagainya.

Menatap
Dan yang terakhir ini adalah 'jokes' pribadi. Menatap artinya tinggal atau bermukim di suatu tempat. (jawabannya: menetap). Iya, betul sekali kalau ini 'jokes' receh yang mudah ditebak. (maaf!) hehe

Demikianlah hasil penelusuran mengenai cara-cara menatap yang berbeda-beda. Semoga ini bisa membantu kita untuk menangkap dengan cepat apa maksud dari cara menatap yang lawan bicara kita berikan. Kemudian dengan sigap pula kita bisa memberikan respon yang tepat dalam menanggapi cara menatap tersebut. sekian (/tm)

No comments: