Kenali jenis batuk anda,tipe batuk terkini ada dimana-mana

Sejatinya setiap hal mempunyai maksud tersendiri, termasuklah dengan batuk. Jangan anda anggap remeh setiap hal tentang batuk yang anda rasakan. Penulis disini mencoba berbagi pengamatan pribadi berkaitan dengan jenis-jenis batuk yang biasanya ada disekitar kita, tetapi kita tidak begitu menyadari klasifikasinya.

Maka mulai saat mari perhatikan apakah anda tahu dan mengerti jenis batuk yang anda keluarkan sendiri atau dikeluarkan oleh orang lain disekitar anda. Setidaknya penulis berhasil merangkum ada 6 jenis batuk yang patut kita analisa bersama. Nyok kita cek sama-sama! tapi jangan dibawa serius banget ya. Ini hanya, yah anda akan tahu sendirilah.hehe


6 jenis batuk disekeliling kita yang tidak disadari:
Pertama, batuk tersedak
Batuk ini ditunjukkan dengan suara yang terseka-seka antara satu tarikan nafas dan tarikan berikutnya. Nada yang dikeluarkan pun cukup kencang dan mengagetkan lingkungan sekitar. Dan seperti yang tadi dikatakan, kekagetan itu terkadang bahkan lebih dari dua kali tarikan nafas. Namanya juga tersedak sesuatu, jadi tentulah kekuatan yang dihasilkan akan cukup kencang akibat reflek alami oleh tubuh kita. Dan batuk jenis ini juga akan membuat terasa nyeri disekitar tenggorokkan dan dada. Hati-hati saat makan sesuatu yang akan mengakibatkan batuk jenis ini ya. Hindari makan-makan besar seperti makan duren beserta kulitnya, nasi beserta piringnya dan lain sejenisnya. hehe

Kedua,batuk engap
Berikutnya batuk ini terjadi akibat faktor yang dihasilkan oleh ulah angin. Jenis angin apapun bisa menghasilkan jenis batuk ini apabila disertai dengan partikel-partikel debu polusi tebal atau sengatan aroma yang kuat semacam angin kentut atau luapan tumpukkan sampah. Karena terasa engap, maka secara alami hidung akan bekerja-sama dengan bagian tenggorokan untuk membuat semacam getaran gatal yang mengakibatkan jenis batuk ini tidak bisa dihindari. Engap yang datang membuat secara alami tubuh bereaksi mengeluarkan debu polusi atau bau menyengat tadi guna menetralisir kuman-kuman yang ada dibagian atas tubuh kita. Jadi untuk menghindari jenis batuk ini anda disarankan untuk menyiapkan masker kemanapun berada karena kita tidak tahu kapan ancaman semacam kentut, gas knalpot dan lain-lain datang menghampiri kita. Dan untuk kita sendiri agar berbijak juga jangan sampai membuat orang sekitar terancam jenis batuk ini.

Ketiga, batuk baper
Batuk kali ini berhubungan erat dengan sensitifitas perasaan seseorang. Dan ini terjadi biasanya sebagai pemberian kode kepada orang sekitar bahwa ada sesuatu yang salah dengan ucapan mereka. Nada yang dikeluarkan oleh batuk ini biasanya pelan dan bersahaja, namun bisa menjadi kencang mengagetkan manakala orang yang hendak diberikan kode mengalami penyumbatan dalam pendengaran. Jadi berasa nggak guna kan?hehe..

Keempat, batuk baperin
Sedikit berbeda namun sedikit juga sama dengan kriteria batuk sebelumnya. Batuk ini tentu juga berkaitan dengan perasaan seseorang. Perbedaan antara batuk baper dengan batuk baperin adalah dalam batuk ini kita yang menjadi korban atau target pemberian kode untuk segera sadar kalau ada yang salah dengan apa yang kita ucapkan atau lakukan. Nah untuk tipe batuk yang ditujukan kepada kita ini sebaiknya kita meresponinya dengan baik. Jangan sampai karena merasa sebelum pelaku batuk baperin berbuat lebih untuk memberi kode, barulah kita sadar. Biasa pelaku batuk baperin akan lebih ganas dari sebelumnya jika batuk baperin ini tidak ditanggapi dengan cepat. Bisa saja kepala kita dikeplak, kaki diinjak, pipi ditampar dan sebagainya jika kita terkesan cuek dengan batuk baperin.

Kelima, batuk lapuk
Nah untuk jenis batuk yang ini ada kaitannnya dengan usia dan seberapa kuatnya anda dalam kondisi fisik. Batuk lapuk seperti istilah namanya sendiri mencirikan sebuah jenis batuk yang diperuntukkan untuk bapak atau ibu usia diatas lima puluh tahunan. Lapuk mendeskripsikan sebuah sinyal bahwa anda sudah cukup uzur untuk bisa menghindari jenis batuknya tersebut. Jadi jika anda mudah sekali batuk dalam frekuensi yang cukup sering maka tandanya anda sudah tua. Nada yang dihasilkan oleh batuk lapuk biasanya tidaklah mengganggu karena suaranya yang lembut dengan sedikit saja 'power'. Tapi karena frekuesinya yang cukup sering itu kadang juga membuat orang menjadi kezal dengan keberisikkannya.

Terakhir atau Keenam, batuk-batuk
Kalau batuk ini jelas sekali kalau anda sedang tidak sehat ya. Jadi disarankan untuk mengunjungi dokter, bukan untuk silaturahmi karena lebaran atau acara besar lain tapi untuk konsultasikan batuk-batuk anda. Entah itu batuk berdahak, tidak berdahak, batuk berdahak tidak berdahak dan segala jenis dahak-dahakan itu menandakkan anda sedang sakit. Jadi intinya anda sakit. begitu saja.hehe

Demikianlah ulasan yang tidak penting ini mengenai jenis batuk yang harus anda kenali baik anda sendiri yang merasakannya ataupun anda melihat orang sekeliling mengalami salah satu atau salah banyak dari kategori batuk diatas. Bila perlu saat batuk itu muncul, anda langsung menjelaskan sekitar kalau batuk tersebut adalah jenis batuk dari list yang sudah diberikan. Cukup mengesalkan bukan?hehe.. sekian (/tm)

No comments: